Banyak jalan menuju roma. Banyak cara untuk mereset password Windows. Anda dapat meminta bantuan Hiren's Boot CD, Ultimate Boot CD juga System Rescue CD. Kali ini kita memakai System Rescue CD yang berbasis GNU/Linux.
 
1. Membuat System Rescue CD.
Pertama, kita mendownload System Rescue CD (sysresccd.org) dan memburn image ISO ke CD. Anda dapat menggunakan ImgBurn, namun Anda bebas menggunakan burner lain yang Anda sukai. Bila Anda memakai ImgBurn, klik tombol Write image file to dics. Klik tombol File dekat Source dan pilih file ISO yang hendak diburn, klik tombol Burn di bagian bawah.







2. Mereset Password
Sekarang kita sudah mempunyai boot CD dan kita kan membooting computer menggunakan CD ini. CD akan menyuguhkan prompt sangat informatif, dengan sejumlah panduan dasar penggunaan Cd.
Langkah pertama ialah mount hard disk, menggunakan perintah: ntfs-3g /dev/sda1 /mnt/windows -o force. Ana mungkin tidak perlu memakai argumen -o force, kecuali sistem tidak shut down dengan benar.
Anda dapat memakai perintah df-m untuk memverifikasi hard disk telah dimount secara benar. Perhatikan dalam hal ini hard disk domount di /mnt/windows. Selanjutnya Anda pindah ke direktori Windows/System32/config, tempatkan instalasi Windows berada. Pada computer kami, alamat lengkapnya seperi ini.


cd/mnt/windows/Windows/System32/config
 
Setelah berada di direktori tadi, Anda akan mendapati file SAM file, tempat kita hendak mengubah password. Untuk mengubah password kita akan memakan perintah chntpw, dan tidak ada salahnya menggunakan argument -| untuk menampilkan semua username dalam file: chntpw -| SAM.
Sekarang Anda dapat menambahkan argumen -u ke username, sehingga tampak seperti perintah ini, kecuali jika Anda mengganti geek dengan username Anda: chntpw -u geek SA. Muncul wizard type screen. Kita asumsikan kita hendak mengeset password baru, ketik "2? Pada prompt, ketikkan password Anda, dan gunakan tombol "y" saat diminta untuk menyimpannya.
Sampai disini password Anda sudah berganti, dan Anda dapat menggunakan perintah reboot untuk merestart komputer. Sekarang Anda seharusnya dapat login memakai passwor baru. Tip ini sudah dicoba pada Windows XP, VISTA dan Windows 7 dan hasilnya memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar